Kaum Wanita, Hati-Hati Dengan Kanker Ini!

Home > Kesehatan > Kaum Wanita, Hati-Hati Dengan Kanker Ini!

Kaum Wanita, Hati-Hati Dengan Kanker Ini!

Kaum wanita perlu berhati-hati. Banyak penyakit berbahaya yang rentan diidap oleh wanita. Kanker sebagai salah satu jenis penyakit mematikan mengincar banyak wanita. Dengan mengetahui beberapa penyakit tersebut, masih ada kemungkinan untuk mengurangi resiko tersebut.

Berikut ini adalah beberapa kanker yang rentan diidap oleh kaum wanita.

  1. Kanker Serviks
    Beberapa hal yang menjadi pemicu seorang wanita menderita kanker serviks adalah pasangan yang sering berganti, aktivitas seksual pada usia dini, serta daya tahan tubuh yang tidak begitu baik. Kanker ini menyerang bagian mulut atau leher rahim.

    Beberapa gejala kanker serviks antara lain adalah keputihan yang jika sudah stadium lanjut berbau menyengat dan memiliki warna kuning, nyeri di bagian bawah perut, rasa gatal di bagian dalam vagina, sulit buang air kecil, dan mengeluarkan darah saat berhubungan seksual.

  1. Kanker Payudara
    Di Indonesia, kanker payudara adalah kanker  pembunuh wanita nomor dua setelah kanker serviks. Satu dari delapan wanita beresiko menderita kanker payudara. Kanker ini bisa diatasi dengan melakukan pemeriksaan payudara sendiri secara rutin sehingga tanda-tanda yang menjadi gejala kanker payudara bisa segera ditindaklanjuti. Selain itu, resiko menderita kanker ini bisa diminimalisir dengan menerapkan pola hidup sehat.

    Beberapa gejala awal dari kanker payudara adalah adanya benjolan di dalam payudara, perubahan bentuk dan ukuran payudara, keluarnya cairan dari puting meski tidak sedang menyusui, serta  puting yang tertarik ke dalam.

  1. Kanker Ovarium
    Selain kanker leher rahim (kanker serviks) dan kanker rahim, kanker ovarium ini juga menyerang organ reproduksi wanita. Beberapa tanda yang menjadi gejala kanker ini antara lain adalah perut terasa penuh dan kembung juga muntah, nafsu makan berkurang, sering terasa kenyang, mudah pusing dan kelelahan, terjadi pendarahan, serta daya tahan tubuh menurun.

    Beberapa hal yang menjadi pemicu kanker ovarium adalah hamil di usia lanjut, siklus menstruasi yang sering tiba lebih cepat, menopause yang terlambat, mempunyai riwayat kanker payudara, tidak pernah melahirkan, endometrosis, serta faktor genetik.

  1. Kanker Endometrium
    Kanker endometrium ini disebut juga kanker rahim. Kanker ini terutama diderita oleh wanita sesudah menopause atau pada usia kisaran 55 tahun ke atas. Wanita yang memiliki berat badan berlebih atau mengalami obesitas lebih berpotensi untuk mengalami kanker ini. Oleh karena itu, salah satu cara memperkecil resiko ini adalah dengan menjaga berat badan tubuh agar tetap ideal. Penyebab lain dari kanker endometrium adalah faktor riwayat infertilitas, keterlambatan menopause, tidak pernah melahirkan, serta Polycystic Ovary Syndrome (PCOS).
  1. Kanker Paru-Paru
    Meski kanker paru-paru identik dengan para perokok, sebenarnya kanker paru-paru juga bisa disebabkan oleh hal lain. Kanker ini bisa juga diderita oleh perempuan yang meski tidak merokok tapi menjadi perokok pasif dalam kurun waktu yang cukup panjang. Delapan dari sepuluh orang menjadi penderita kanker payudara karena pasangan mereka menjadi perokok.
  1. Kanker Usus
    Kanker usus merupakan jenis kanker yang beresiko dialami oleh wanita yang memiliki radang usus, obesitas atau kelebihan berat badan serta suka mengonsumsi makanan yang mengandung lemak.
  1. Kanker Kulit
    Berdasarkan data dari penelitan mutakhir, wanita yang mempunyai kulit putih dan rambut pirang serta kerap terbakar matahari memiliki resiko yang tinggi untuk mengalami kanker kulit. Sebab lain dari kanker jenis ini adalah ada kerabat yang memiliki riwayat melanoma.